Tempat Penitipan Anak

Tips Mudah Memilih Tempat Penitipan Anak (TPA)

Ada beberapa pilihan yang ada ketika Mommy memiliki anak dan harus ditinggal bekerja. Yaitu, mencari pengasuh, menitipkan pada orang tua atau saudara, dan Tempat Penitipan anak (TPA).

Alternatif yang lebih mudah dan banyak dipilih adalah Tempat Penitipan Anak (TPA) karena lebih murah dibanding pengasuh di rumah. Apalagi sekarang mudah mencari tempat penitipan anak. Mencari pengasuh rumah lebih mahal dan terkadang ada kesulitan. Apalagi orang tua dan juga saudara juga memiliki aktivitas sendiri dan kita pun merasa tidak enak.

Kelebihan dan Kekurangan Tempat Penitipan Anak (TPA)

Ada beberapa kelebihan menitipkan anak di tempat penitipan anak, yaitu:

  • Harganya bisa menyesuaikan. Ada yang dihitung harian, bulanan, dan per jam.
  • Lebih murah dibanding pengasuh rumahan
  • Mudah ditemukan jasa-jasa penitipan anak


Sedang kekurangan Tempat Penitipan Anak (TPA) adalah:

  • Anak tidak mendapat perhatian lebih karena harus berbagi dengan anak yang lain
  • Jika ada anak yang sakit ada kemungkinan untuk tertular

Tips Mudah Memilih Tempat Penitipan Anak (TPA)

Ada beberapa tips mudah untuk memilih Tempat Penitipan Anak, yaitu:

  • Tingkat Perbandingan Pengasuh dengan Jumlah Anak
    Idealnya 1 orang pengasuh tidak mengasuh lebih dari 5 anak. Jika lebih, anak akan kurang mendapatkan perhatian, kemungkinan luput dari perhatian bisa menyebabkan ia terjatuh, makan benda padat, dan lain-lain.
  • Perhatikan Lingkungan
    Pilih lingkungan yang nyaman, penuh warna, higienis, ada pemisahan antara tempat bayi dan batita, ada kamar mandi, pemisahan tempat tidur dan tempat makan, dan ada permainan atau arena bermain.
  • Mencari Referensi
    Mintalah referensi kepada orang terdekat, bisa saudara, teman atau sahabat, dan orang tua.
  • Melakukan Uji Coba
    Sebelumnya, perhatikan anak-anak yang dititipkan apakah mereka gembira atau tidak saat pertama kali survei. Jika cocok, uji cobalah anak Mommy. Jika ia senang kemungkinan besar anak akan cocok dan betah.
  • Perhatikan Perhatian yang Diberikan kepada Anak
    Perhatikanlah anak Mommy di TPA. Apakah anak mendapat perhatian atau tidak, mendapatkan pendidikan tambahan, pendidikan yang baik, dan adanya permainan edukasi.
  • Ada Laporan Perkembangan Anak
    Perhatikanlah apakah ada laporan perkembangan anak yang dititipkan, laporan apa yang terjadi pada anak (jatuh, dll), dan laporan aktivitas anak dalam sehari (jadwal bermain, makan, mandi, dan tidur siang).
  • Ada Komunikasi yang Baik antara Pengasuh dan Orang Tua
    Memberikan laporan perkembangan anak merupakan bentuk komunikasi yang baik dengan orang tua. Selain itu, sampaikanlah pada pengasuh apakah anak sudah sarapan atau belum saat mengantarnya. Mintalah informasi apa saja aktivitas anak saat menjemputnya. Jalinlah komunikasi yang baik dengan pengasuhnya hal-hal yang terkait dengan anak.
  • Perhatikan Barang-barang yang Dibawakan untuk Anak
    Perhatikan barang yang dibawakan untuk anak seperti baju ganti, botol susu, susu bubuk, makanan untuk sarapan jika tidak sempat sarapan dirumah, biskuit anak, pempers, celana ganti, tissue basah dan kering, dan lain-lain. Perhatikan barang yang disediakan di TPA, seperti obat-obatan, alat mandi, air hangat untuk membuat susu, dan lain-lain. Karena jika tidak disediakan, Mommy bisa membawakannya.

Berikut tadi tips mudah untuk memilih Tempat Penitipan Anak (TPA). Tidak hanya sekedar menitipkan anak, tapi diharapkan anak juga mendapatkan edukasi, belajar bersosial dengan anak-anak yang lain, punya teman bermain, dan gembira. Semoga bermanfaat ya. Moms!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *