tips menyusui di tempat umum

Tips Aman dan Nyaman Menyusui di Tempat Umum

Salah satu problematika ibu muda adalah kenyamanan menyusui di tempat umum. Tidak semua ibu merasa nyaman untuk menyusui di tempat umum, mungkin salah satu dari mereka bisa jadi adalah Mommy.

Kalau bisa memilih Mommy tidak mau menyusui di tempat ramai kan? Tapi egois sekali rasanya kalau Mommy hanya menuruti keinginan Mommy padahal si kecil sudah sangat rewel karena kehausan atau merasa lapar. Maka dari untuk, kali ini akan diulas beberapa tips untuk Mommy yang bisa digunakan jika Mommy ingin menyusui di tempat umum tapi tetap merasa nyaman.

  • Sadar Akan Hak Si Kecil
    Menyusui merupakan kewajiban Mommy sebagai ibu. Mommy juga harus sadar bahwa anak Mommy memiliki hak untuk diberi susu. Bersyukurlah untuk Mommy yang masih memiliki kesempatan bisa menyusui buah hati tercinta sebab ada beberapa kasus di masyarakat dimana sang ibu tidak bisa menyusui karena alasan khusus. Menyusui di tempat umum juga bukanlah suatu hal yang illegal, melainkan hal yang sangat natural. Jangan sampai si kecil menderita karena keegoisan Mommy ya.



  • Pilihlah Pakaian yang Nyaman
    Sekarang ini banyak loh Moms pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui. Jadi cukup membuka bagian tertentu untuk mempermudah proses menyusui. Kemeja berkancing juga bisa menjadi salah satu pilhan yang tidak buruk untuk Mommy kenakan ketika berpergian. Atau Mommy bisa menggunakan jaket dan pashmina untuk menutup bagian yang kurang nyaman apabila terlihat saat Mommy sedang menyusui.
  • Pilih Bra yang Simpel
    Point ini biasanya menjadi hal yang penting untuk diterapkan bagi ibu menyusui. Mommy bisa menggunakan sport-bra karena lebih simple dan nyaman, terlebih lagi untuk proses menyusui. Mommy juga bisa menggunakan bra khusus ibu menyusui. Sekarang sudah banyak sekali loh Moms toko-toko yang menjual jenis bra yang satu ini.
  • Latihan di Depan Kaca
    Untuk step pertama sebelum langsung menerapkanya di tempat umum, Mommy bisa berlatih menyusui si kecil di depan kaca loh. Berlatih di depan kaca bisa saja membangun rasa percaya diri Mommy. Tenang saja Mom, posisi si kecil saat menyusui sebenarnya akan menutupi sebagian besar “bagian yang tidak ingin terlihat” Mommy di muka umum nanti. Jadi jangan terlalu khawatir ya.
  • Gunakan Gendongan, Apron atau Penutup Lainnya
    Jika Mommy masih merasa canggung dan khawatir saat menyusui nanti, Mommy bisa gunakan gendongan si kecil atau penutup ekstra diatasnya, apron khusus menyusui misalnya. Mommy bisa menggunakan tank top untuk menutupi bagian perut Mommy agar tidak terlihat nantinya. Mommy juga bisa menyusui sambil berjalan, santai saja ya Moms.
  • Pilih Tempat yang Nyaman
    Ada dua tempat yang bisa menjadi syarat ideal untuk proses menyusui di tempat umum. Mommy bisa memilih tempat luas yang memudahkan Mommy menaruh barang-barang bawaan Mommy. Atau mencari tempat dimana Mommy bisa duduk dengan nyaman dan menopang punggung Mommy. Selain membuat nyaman karena bisa menyusui sambil duduk, tindakan ini juga lebih terlihat baik loh Moms dibandingkan menyusui sambil berjalan-jalan.
  • Posisi Badan
    Ketika bayi sedang mencari posisi yang nyaman untuk menyusui, pada saat inilah biasanya buah dada Mommy tidak sengaja terlihat di depan umum. Mommy bisa saja menanggulangi terjadinya hal ini dengan mengatur posisi badan Mommy. Misalnya ketika Mommy sedang berada tidak jauh dari dinding, Mommy dapat membalikkan posisi badan ke arah dinding tersebut. Ketika si kecil sudah mendapatkan posisi nyamannya, Mommy bisa berbalik arah kembali ke posisi seperti sebelumnya.

Bagaimana nih Moms? Sekarang sudah tahu kan tips apa saja yang bisa Mommy gunakan ketika ingin menyusui di tempat umum? Semoga tips di atas bisa bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *