pengobatan diare pada anak

Pahami Penyebab Dan Cara Pengobatan Diare Pada Anak

Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa diare adalah salah satu penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang. Jangan sepelekan diare, karena pada beberapa kasus diare yang hebat, dapat menyebabkan bayi lemas dan kekurangan cairan, sehingga berujung pada kematian.

Nah, kali ini kita akan membahas penyebab utama diare pada bayi dan cara pengobatannya. Sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari referensi tentang penyakit diare.

Penyebab Utama Diare Pada Bayi

  • Infeksi parasit, virus dan bakteri. Kita tahu bahwa sebagian besar bayi dan juga balita banyak menyentuh benda dan barang barang yang belum tenti terjaga kebersihannya akan sangat rentan terinfeksi karena akan sering memasukkan tangan yang kotor ke dalam mulut. Selain itu, balita dan anak anak juga masih memiliki kekebalan tubuh yang masih dalam tahap perkembangan sehingga mereka sangat rentan untuk tertular penyakit.
  • Keracunan makanan. Bayi dan balita sangat suka dengan hal hal yang menarik begitu juga dengan makanan yang memiliki warna mencolok. Nah, makanan yang memiliki warna mencolok ini biasanya berupa jajan dan tidak tentu sehat.
  • Alergi obat obatan tertentu. Beberapa bayi dan balita memiliki alergi terhadap beberapa obat obatan tertentu yang dapat membuat mereka mengalami diare.
  • Terlalu banyak mengonsumsi jus buah.
  • Alergi terhadap makanan tertentu. Banyak kasus balita yang alergi terhadap makanan tertentu. Misal saja alergi terhadap susu sapi. Tentunya saluran pencernaan mereka tidak akan menerima makanan tersebut sehingga dikeluarkan masih berupa cairan. Alergi makanan pada balita ini telah banyak kasusnya.


Cara Mengobati Diare Pada Bayi

Untuk mengobati bayi yang sedang diare adalah dengan memberinya minum minimal 10 mililiter per kilogram dari berat badan tersebut. Hal itu dilakukan agar anak tidak mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan saat muntah dan buang air besar yang berupa cairan dari tubuh.

Memberi anak berupa obat yang dapat dibuat dirumah yaitu oralit juga dapat kita lakukan. Ingat, dosis juga harus disesuaikan dengan berat badan anak.

Nah, untuk mengetahui bahwa anak semakin membaik adalah dengan melihat perbaikan dari berbagai gejala yang sudah disebutkan di awal tadi. Namun, jika gejalanya masih sering bahkan lebih hebat maka harus segera dibawa ke rumah sakit.

Itulah beberapa penyebab utama dan cara mengobati diare pada bayi. Diare ini sangat berbahaya loh untuk bayi.

Pencegahan Diare

Mencegah lebih baik daripada megobati maka sudah seharusnya kita mengantisipasi penyakit diare ini agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan makanan yang bergizi dan juga higienis. Makanan yang tidak bersih akan menyebabkan anak menjadi mudah terkena diare karena kuman yang masuk ke dalam pencernaannya.
  • Sediakan air minum yang bersih.
  • Kebersihan dari masih masing individu harus diutamakan.
  • Usahakan untuk selalu cuci tangan sebelum makan dan sebelum merawat bayi.
  • Berikan asi eksklusif.
  • Buanglah air besar pada tempatnya (toilet, WC).
  • Usahakan untuk menyediakan tempat sampah yang memadai dan juga tertutup. Buang setiap hari dan bersihkan.
  • Jangan biarkan ada lalat di rumah kita sehingga tidak akan menghinggapi makanan yang ada di rumah.
  • Lingkungan hidup yang sehat menjadi pencegahan yang juga perlu diutamakan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *