daftar perlengkapan bayi

Sambut Kelahiran Bayi, Ini Daftar Perlengkapan Yang Harus Disiapkan

Bagi Anda calon Mommy yang akan segera menyambut kedatangan sang buah hati, tentu sudah memikirkan banyak sekali hal mulai dari nama terbaik untuk sang baby, dekorasi kamar hingga perlengkapan bayi baru lahir. Terlebih lagi jika ini merupakan baby pertama. Membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan apalagi nanti kalau sudah benar-benar lahir, tentu mampu menambah keceriaan seisi rumah Mommy.

Namun keceriaan tersebut jangan sampai membuat Anda melupakan perlengkapan yang harus disiapkan. Alangkah baiknya kita duduk sejenak untuk membuat daftar tentang perlengkapan yang harus disiapkan, karena jika tidak ditulis nantinya akan kelabakan saat sang baby benar-benar hadir, dan ternyata kebutuhannya belum tersedia.

Daripada penasaran, berikut perlengkapan bayi baru lahir yang harus Mommy persiapkan:

Disamping Bedong, Bayi Tetap Harus Menggunakan Baju

Walau ketika baby baru saja lahir dan masih menggunakan bedong, namun Mommy tetap harus menyediakan bajunya juga. Hal ini disebabkan karena baby yang baru lahir tidak hanya menggunakan gerita saja namun juga memerlukan baju untuk menutupi badannya.

Ketika baby baru saja lahir, Momy bisa memilih baju jenis lengan pendek karena nantinya masih ditutupi dengan gerita. Baru setelah beberapa waktu, Mommy perlu menggunakan baju lengan panjang pada si baby. Untuk sang baby, pastikan Mommy memilihkan baju berbahan lembut dan bisa menyerap keringat. Selain itu pilih saja baju dengan kancing di bagian depan agar memudahkan Mommy saat mengganti baju.



Sarung Tangan dan Kaos Kaki Bayi

Kaos kaki merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang tidak boleh dilewatkan. Fungsinya hampir sama seperti sepatu yaitu untuk melindungi kaki baby dari rasa dingin dan benda-benda yang bersentuhan langsung dengan kulit lembut baby.

Sarung tangan merupakan benda wajib untuk seorang baby. Penggunaan sarung tangan pada baby bertujuan agar tangannya selalu hangat. Selain itu, sarung tangan juga melindungi kulit bayi dari goresan kukunya sendiri.

Mommy juga wajib tahu kalau penggunaan sarung tangan bayi tidak kalah penting dengan kaos kaki bayi.

Bedong dan Gerita Bayi

Baby yang baru lahir tentu harus dibedong. Untuk yang satu ini, Mommy tidak perlu bingung harus mendapatkannya dimana karena kini di toko-toko perlengkapan bayi sudah banyak menyediakan bedong dengan berbagai ukuran. Sebagai tips ya Mom, pilih bedong berbahan lembut dan memiliki ukuran agak lebar agar sang baby tetap merasa nyaman.

Jaket dan Peralatan Mandi

Walau belum terlalu penting, Mommy tetap harus memasukan jaket kedalam daftar perlengkapan bayi baru lahir karena mempersiapkan lebih awal tentu akan jauh lebih baik. Untuk menjaga kehangatan, pilihlah jaket lembut dengan bahan adem agar terasa nyaman dan tidak kepanasan saat dikenakan.

Tempat Tidur Bayi

Dalam memilih tempat tidur, ada beberapa petunjuk penting yang harus Mommy diperhatikan. Hal ini disebabkan karena nantinya pasti sang baby akan terus tumbuh. Pertama-tama Mommy harus pastikan bahwa pagar pada tempat tidur bayi cukup tinggi agar baby tidak terjatuh. Pagar pengaman tidak memiliki sudut-sudut yang tajam atau bagian yang runcing, tidak ada satupun yang terlepas, terlewat maupun patah.

Mommy juga harus pastikan kalalu tempat tidur untuk sang baby kokoh dan baby nyaman tidur di sana.

Selain 5 pokok perlengkapan bayi baru lahir di atas, beberapa hal lain yang perlu Mommy siapkan juga adalah botol/dot, kereta baby, gendongan baby, tas popok, meja ganti, kursi mobil, termometer digital, ayunan bayi dan lain-lain. Mommy bisa mempersiapkannya berdasarkan skala prioritas. (AnakSehat.com/Dita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *