cara membuat anak tertidur

5 Cara Untuk Membuat Anak Tertidur

Tidur merupakan cara kita untuk istirahat dari aktivitas yang kita lakukan. Tidak hanya kita tapi juga untuk buah hati kita. Sehingga, waktu tidur yang cukup sangatlah penting. Selain itu, sangat penting juga untuk menciptakan tidur yang bermutu bagi si buah hati.

Saat anak tidur tubuhnya akan memproduksi hormon pertumbuhan tiga kali lebih banyak dibandingkan saat anak dalam kondisi terjaga. Tidur membantu otak merangsang memori dan pengetahuan baru. Oleh karena itu, ciptakanlah rutinitas tidur untuk si kecil dan sesuaikan dengan tingkatan usianya. Anak yang baru lahir biasanya akan tidur 16 – 10 jam sehari. Usia 2 – 12 bulan jam tidurnya 9 – 12 jam.

Namun ada kalanya anak tidak bisa atau tidak mau tidur pada waktunya. Nah, apa yang mesti dilakukan orang tua. Banyak cara yang bisa Mommy lakukan untuk menidurkan anak. Berikut akan diuraikan berbagai cara menidurkan anak Mommy.

Berhenti Bermain

Agar anak menjadi mengantuk yang pertama Mommy mesti lakukan adalah berhenti mengajaknya bermain atau bercakap. Tanpa permainan yang mnarik yang teman bercakap, anak akan bosan dan timbul rasa kantuk.



Menyusuinya

Anak yang baru lahir makan dan minim dari ASI. Oleh karena itu, ia akan mudah tidur setelah ia merasa kenyang minum ASI. Tidur disamping bayi akan membantu Mommy saat memberikan ASI. Mommy tidak perlu bolak-balik ke boks bayi. Karena hal demikian dapat membantu tidur Mommy.

Setelah anak berusia 3 bulan, susuilah jauh sebelum ia menunjukkan tanda mengantuk. Karena, jika disusui seperti sebelum menginjak usia 3 bulan ia akan susah membedakan kegiatan menyusu dan tidur.

Menggendongnya

Menidurkan anak juga bisa Mommy lakukan dengan cara menggendongnya. Namun, hal ini sebaiknya Mommy lakukan saat anak sakit atau tidak punya cara lain untuk menidurkannya. Kenapa? Menidurkan anak dengan cara menggendongnya akan membuat anak menjadi manja dan merepotkan Mommy ketika Mommy sedang ada aktivitas lain yang harus dikerjakan.

Kebiasaan menidurkan anak dengan cara menggendongnya akan membuat anak tidak bisa tidur jika tidak digendong. Selain itu, ada juga kebiasaan yang harus dihindari yaitu menggendong anak sambil jalan-jalan di sekitar rumah untuk menidurkannya. Jika sudah menjadi kebiasaan Mommy yang akan kerepotan.

Metode Dingin

Metode ini dikenal sebagai metode paling kejam untuk menidurkan anak.Yaitu, membiarkan anak di tempat tidur ketika sudah memasuki waktu tidur bahkan meskipun anak menangis dan memanggil – manggil. Karena tidak ada respon, lama kelamaaan ia pun akan tertidur karena kecapean.

Meskipun terlihat keras tapi Mommy akan melihat bagaimana hasilnya di kemudian hari. Anak cepat tertidur saat ia diletakkan di tempat tidur bahkan ia tidak menangis lagi seperti sebelumnya. Namun, ada beberapa hal yang harus Mommy perhatikan untuk menerapkan metode ini, yaitu:

  • Pastikan anak nyaman dan aman (tempat tidur, pakaian, dan celana).
  • Sabar dan bulatkan tekad. Jika Mommy menyerah anak akan menjadikan tangisannya sebagai senjata untuk menaklukan hati Mommy.
  • Menurut ahli psikologi tindakan ini seperti pengabaian dan anak merasa tidak aman. Ia bisa saja tumbuh menjadi anak yang tegaan dan penakut. Oleh karena itu, Mommy bisa mengintip dari kejauhan bagaimana keadaannya.

Mundur Perlahan

Pertama, baringkan anak Mommy kemudian duduk atau berbaringlah di sampingnya. Mommy bisa mengusap-usap kepala, tangan, kaki atau tubuh anak. Jika anak masih sering menggunakan dot untuk minum susu saat ia hendak tidur, biarkanlah. Jika anak sudah tertidur jangan lupa untuk melepas dot dari mulutnya. Karena kebiasaan tersebut tidak baik untuk gigi anak.

Perlahan-lahan berpindahlah dari tempat tidur anak sampai akhirnya Mommy tidak berada di tempat tidur anak. Mommy juga bisa memberikan ciuman hangat untuk pengantar tidurnya. Awalnya anak akan merasakan kalau Mommy meninggalkannya. Tapi, lama kelamaan ia akan tidur meskipun Mommy tidak ada di sampingnya.

Berikut tadi 4 metode untuk menidurkan anak. Mommy bisa memilih metode mana yang tepat untuk Mommy terapkan pada anak. Sehingga, aktivitas menidurkan anak bisa menambah kedekatan emosi dan perasaan cinta kasih dengan anak. Selamat Menerapkannya ya, Moms! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *